Ibadah di Istiqlal

Akhirnya bisa masuk masjid yang udah dari dulu banget pengen dan diharepin bisa sembahyang di situ, Masjid Istiqlal. Sering ngelewatin sering ngeliatin dari jalan, tapi sama sekali belum pernah masuk dan lihat kayak apa di dalemnya. Alhamdulillah, hari ini pertama kalinya bisa masuk sekaligus sembahyang sholat ashar dan maghrib di situ. Sekalian nyuri-nyuri waktu keliling dan foto-foto dong.

Well, ini masjid ter-super duper keren banget. Buat aku yang pertama kali masuk masjid ini dan nyobain sholat disitu, auranya berasa sholat di Masjidil Haram (padahal belum pernah ke Mekkah). Udah gitu semua tempatnya bersih dan bagunannya mirip bangunan-bangunan yang ada di Roma kuno. Bagus banget buat foto di semua tempat. Dan aku juga baru tau kalau arsitektur bangunan masjid ini justru orang katolik. Dan semua orang pun tau, kalau masjid ini sebelahan sama gereja Katedral. Sewaktu sore, suara adzan dan lonceng gereja saling bersaut-sautan dan itu bikin merinding banget coy.







Semua yang ada disitu bener-bener rapi dan bersih. Mulai dari aku awal ambil wudhu di bawah, jalurnya emang jauh banget dari pintu masuk. Semua sandal atau sepatu di titipin dan harus dilepas dari batas suci awal masuk. Sampai di tempat wudhunya pun bener-bener bersih dan rapi banget, udah bener-bener auranya beda banget dan teratur. Selesai wudhu kita ke tempat sholat lewat beberapa anak tangga. Jalur untuk perempuan dan laki-laki jelas di bedain. Dan sampai di atas, melongo doang dan seneng akhirnya bisa sholat disini juga. Meskipun waktu sholat ashar nggak sempet ngejar buat ber-jama'ah, tapi sewaktu maghrib bisa juga ber-jama'ah. Sepanjang sholat maghrib rasanya merinding terus. Beneran norak banget ya, tapi ya buat yang pertama kali masuk dan buat aku ini beda banget sih. Sholat disini bisa bikin khusyuk dan merasa dekat sama Allah.

Sebelum ke Masjid Istiqlal sebenernya jalan-jalan sebentar di Monas. Ke Monas lagi untuk kesekian kalinya sama doi. Tapi yang kali ini kita lebih banyak foto-foto dan keliling ke bawah pohon-pohon. Rindang banget dan adem banget karena disini pohonnya tinggi-tinggi dan besar-besar. Makin kita ke arah selatan, makin banyak pohon dan makin rindang. Makin banyak yang bisa dilihat, termasuk lihat rusa haha.







Untungnya ini tempat sedikit sepi dan nggak terlalu crowded. Suka banget sama yang hijau-hijau begini, jadi lebih banyak nongkrong dan foto-foto disini. Yang pasti, dari sekian banyak kali dateng ke Monas, kayaknya ini terbaik deh. Dan terbaik lagi karena hari ini bisa sholat di masjid yang aku pengenin dari dulu ❤