Bandung : Grafika Cikole & Orchid Forest

Setelah berbulan-bulan lamanya mau ke Bandung dan hanya wacana, ternyata bisa juga sampek kesana. Aku kira perjalanan akan mulus 3 jam doang dari Jakarta menuju Bandung, nyatanya sekitar 5 jam lebih kita baru sampai. Awalnya bosen kemacetan di sepanjang tol, tapi kalau udah mulai masuk tol Cipularang itu pemandangannya udah mulai banyak yang adem-adem dan ijo-ijo. Aku sama sekali nggak pernah ke Bandung, baru ini. Dan syukurlah cuaca di Bandung saat itu nggak terlalu buruk.

Bandung itu ada banyak banget tempat-tempat yang udah aku list dan pengen aku datengin. Kebanyakan tempat-tempat yang pengen aku datengin itu lebih ke nature. Dan saking banyaknya tempat-tempat yang udah aku list, ujungnya cuma bisa datengin ke beberapa tempat aja yang mudah di jangkau dan nggak ngehabisin banyak waktu di perjalanan. Untungnya selama di kota-nya kita nggak terlalu sering ketemu jalanan yang macet, justru sedikit macet kalau udah mau menuju ke daerah Lembang.

Tempat pertama yang mau di datengin adalah Terminal Wisata Grafika Cikole di Lembang. Tempat yang paling di rekomendasikan orang-orang dan seluruh sosial media adalah tempat ini. Jarak dari pusat kota ke lokasi nya lumayan deket, mungkin berkisar 17 km dari Gedung Sate. Sedikit salah waktu, karena seharusnya ke tempat ini akan lebih bagus waktu pagi hari. Karena sampeknya di siang bolong, yasudah gas-keun aja.



Harga tiket masuk sekitar Rp 30.000 dan bukan termasuk naik wahana-wahana yang ada di dalam. Jadi tiket itu cuma untuk kita yang mau masuk dan mau foto-foto aja. Aku baru tau kalau ternyata di dalem itu ada banyak wahana outbound (flying fox, painball dll). Karena selama aku searching, tempat ini lebih ke tempat penginapan atau nge-camp di antara pohon pinus. Tempat penginapannya justru yang jadi daya tarik orang kesini, karena menurutku mungkin sedikit mirip rumah hobbit. Untuk menginap disini sih oke banget, cuma mungkin sedikit pricey per-malam nya. Karena tempatnya asri banget, mungkin banyak orang yang cuma numpang foto-foto aja.






***

Puas di tempat pertama, kita lanjut ke tempat kedua. Tempat kedua ini deket banget dari Grafika Cikole, sekitar berjarak 2 km kita udah sampai di Orchid Forest. Sebelum masuk ke lokasinya, di gardu depan kita udah harus bayar tiket masuk terlebih dulu. Harga tiket masuk juga sama, Rp 30.000 per-orang dan parkir mobil Rp 5000. Dari gardu depan sampai ke tempat parkir emang sedikit jauh, belum lagi tempat parkir penuh dimana-mana. Dan di pinggir tempat parkir itu ada banyak banget tukang buah yang nawarin dagangan buah berries (strawberry, bluberry, redberry dll). Tapi kita lebih milih tukang bakso aci yang ada di deket situ. Sumpah enak banget meskipun kaki lima. 

Awalnya, aku pikir Orchid Forest itu hutan yang isinya anggrek (sesuai arti hehe), ternyata bukan sama sekali. Jadi didalamnya itu justru hutan pinus yang mungkin di dalemnya jauh lebih banyak pohon pinusnya dibanding tempat sebelumnya. Jauh lebih bersih, adem dan rindang. Aku pribadi lebih suka disini di banding sebelumnya. Meskipun tempatnya ini luas banget, tapi karena jalanannya menurun jadi nggak akan kerasa capek banget ketika jalan-jalan. Ada banyak juga cafe-cafe dan store di kanan kiri dan di antara pohon pinus nya. 





Aku kaget banget ketika aku tau spot foto yang aku cari-cari itu adalah kamar mandi. Super duper gemes banget sama toilet disana. Ternyata rumah-rumah kecil yang aku lihat dari sepanjang jalan itu adalah kamar mandi.


Ada lokasi di bagian tengah yang bagus banget buat duduk-duduk santai sambil nikmatin suasana disana. Jadi ketika kita ada di pertengahan perjalanan, kita bakalan ketemu tempat yang banyak kursinya. Kalau aku bilang sih cocok banget buat acara nikahan hehe. Gemes banget sama suasananya.



Untungnya tempat ini nggak se-rame sebelumnya. Dan ternyata emang dari kedua tempat itu aku jauh lebih seneng ada di Orchid Forest ini. Jauh lebih adem dan lebih sejuk. Kita juga bisa nikmatin lebih lama tempat ini sambil duduk dan ngobrol-ngobrol di bawah pohon pinus ❤