Short Trip to Surabaya

Buat pertama kalinya, bisa menginjakkan kaki ke Surabaya. Meskipun cuma ke Surabaya dalam waktu singkat dan nggak banyak juga tempat-tempat yang kita datengin sewaktu disana tapi lumayan lah. Seumur-umur baru ini ke Surabaya. Jadi, bisa kesana itu karena ada kondangan ke pernikahannya Mbak Oya dan Mas Artha. Demi mereka kita harus ke Surabaya, tapi karena mereka bisa kesini. Bonusnya ya short trip.

Sekitar 4 jam lebih naik kereta dari Jogja-Surabaya, dan turun di stasiun Gubeng. Pertama banget sampek nggak tau harus kemana. Nggak ada ide mau kemana aja dan nggak hafal jalanan sedikitpun. Karena laper, dadakan random cari tempat bakso terenak di Surabaya. Dan dapet juga tempat bakso yang ternyata enak banget, lokasinya di depan Gereja dan sekolah Tarakanita atau entahlah. Baksonya sih bakso biasa, cuma ternyata dia pakek bubuk koya. Di Surabaya, nggak cuma soto yang pakek koya, tapi bakso pun dikasih bubuk koya. Dan ternyata enak pakek banget.

Nggak banyak juga sih tempat-tempat yang di datengin, karena nggak cukup waktu buat kemana-mana yang jauh. Jadinya lokasi terdekat yang kita datengin salah satunya Klenteng Sanggar Agung. Di postingan orang ini klenteng paling rame karena ada di dalam area tempat wisata, kayak ada di dalam Dufan. Dan ternyata tempatnya emang beneran rame, udah gitu kalau mau foto bocor banget dimana-mana. Belum lagi karena weekend, jadi banyak juga orang yang berdoa. Dan baru tau, kalau ternyata di depan gapura ini itu udah langsung view nya pantai. Keren juga.






Entah saking ramenya, hal bodoh terjadi sewaktu aku mau take foto dan di fotoin doi pas di depan klentengnya. Karena nggak tau dikiranya koko-koko di sampingku ini ya cuma berdiri mau di fotoin atau mau ngapain kita nggak ngeh. Taunya itu orang lagi sembahyang. Langsung ngakak dan ngerasa nggak enak udah ganggu orang sembahyang. Udah gitu, karena nggak tau dan asal foto ternyata di depanku itu tempat pembakaran kertas atau dupa atau apalah. Ya yang hasilnya jadi di sembur abu dan bau dupa -_-.




Di sampng-samping klenteng banyak area-area yang sebenernya oke buat foto-foto. Cuma dimana-mana bener-bener rame, udah gitu sebagian tempat banyak banget bongkahan bangunan yang mungkin ini tempat lagi di renovasi. Jadi lokasinya terkesan kotor dan kurang terawat. Alhasil tempat paling sepi dan dijamin nggak bocor orang dan ganggu orang sembahyang ya di semak-semak ini. Tapi banyak nyamuk dan sedikit bauk yang sangat tidak sedap.



Yah, yang penting dari ini semua adalah bisa jadi pengalaman pernah ke Surabaya dan jalan-jalan disana. Cuma ke Surabaya doang padahal, tapi seneng lah refreshing kelar UAS ❤