Satu Tahun Tanpa Ayah

Tepat hari ini, satu tahun yang lalu Ayah pulang. Bukan pulang ke mana, maksudku pulang ketemu Allah lebih dulu. Pemakaian kata 'pulang' jauh lebih nyaman dipakai dibanding yang lainnya. Masih kerasa dan masih tetep ngerasa Ayah ada disekitar sini, ngerasa masih ada di keluarga ini dan dirumah. Masih ngerasa setiap sore doi pulang kantor sambil bawa tentengan makanan atau jajanan buat anak-anak nya dirumah. Ya sejujurnya masih tetep ngerasa sedih kalau ada orang nginget-nginget tentang Ayah dan sekedar ngucapin bela sungkawa. Semuanya kerasa cepet banget sampai-sampai udah setahun.

Flashback lagi, beberapa hari sebelum Ayah pulang, aku sempet becanda-becanda dirumah sakit. Masih becanda tentang ngeyelnya doi soal pilih-pilih makanan dirumah sakit, soal mau kabur dari rumah sakit karena Mama ngomel terus dan becanda juga gimana doi ngejek-ngejek diri doi sendiri karena badannya yang makin mengecil. Semua yang bisa kita lakuin cuma ngehibur dan menguatkan, dilain sisi kitanya juga bingung harus gimana lagi. Badan mengecil, nafsu makan berkurang dan makin lama makin drop. Itu pertama kalinya doi mau opname di rumah sakit, sebelumnya doi nggak pernah mau opname dan maunya rawat jalan. Agak berisiko kalau doi masih ngeyel buat nggak opname karena kondisinya makin parah semenjak dokter diagnosa terkena infeksi lambung. Makin kesini diagnosa dokter makin menjadi-jadi, sampai pada akhirnya dokter baru bilang bahwa doi sudah komplikasi.

Sehari sebelum kepulangan doi, justru doi makin sehat dan jauh lebih sehat dari sebelumnya. Kalau kata orang-orang itu cuma 'ngayemke' kita. Ya siapa yang tau, ternyata emang bener itu cuma ngayemke kita buat sesaat. Dan pas hari berikutnya karena gantian jaga, aku dirumah bareng adek. Sekitar jam 21:00 di telfon dan harus dateng kerumah sakit nemuin doi. Firasat udah ada dari awal terima telfon dan makin kuat ketika harus buru-buru dateng dan suara Embak waktu itu sedikit beda. Sampai dirumah sakit, posisi Ayah udah koma dan badan udah kaku dengan alat medis dimana-mana. Lemes dan nggak tau harus ngomong apa. Semuanya panik dan aku langsung disuruh ngedeket buat diajak ngomong untuk nguatin dan sekaligus ngedoain. Semua doa-doa semua harapan apapun itu aku bisikin di kuping doi sembari dokter berusaha pacu jantung sewaktu jatung doi mulai melemah dan nafas mulai pendek. Dan sampai pada waktunya pukul 23:00 Ayah bener-bener pulang, kita semua nggak bisa berbuat apa-apa lagi, kecuali nangis.

Kalau orang tanya, cuma itu yang sanggup aku ceritain ke orang-orang tentang kronologinya. Untuk lebih detailnya, aku rasa nggak sanggup buat cerita lebih jauh. 




Banyak banget hal-hal yang aku lakuin bareng Ayah. Bisa dibilang aku ini anak perempuan yang paling deket dibanding Embak. Dua puluhan tahun lebih bareng dan pasti akan banyak hal yang jadi kenangan bareng doi. Doi bener-bener Bapak yang galak dan keras. Nggak pernah nunjukin rasa sayang ke keluarganya dengan kata-kata, tapi dengan tindakan. Paling nggak bisa makan makanan jawa dan yang manis-manis. Dan banyak hal lainnya.

Satu tahun nggak ada Ayah dirumah dan rasanya masih beda dan akan terus beda. Yang tenang disana ya Ayah, we'll missing you ❤