Volunteer in AIESEC

Jadi hari ini itu hari paling bermanfaat untuk ngasah english ku. Hari paling oke sepanjang aku ikut event dimana-mana. Pengalaman pertama banget buat bisa ngasah english secara langsung, di AIESEC. AIESEC atau kepanjangannya Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales ini organisasi mahasiswa internasional yang diikutin hampir 100 negara. Nah beberapa anggotanya datang ke Indoneisa buat nyelesain misi dan project bebarengan sama mahasiswa asal Indonesia. Dan entah ada angin apa, aku ngajak Valent buat gabung ke event ini meskipun awalnya cuma bisa jadi volunteer. Jadi disini tugasku lebih ke urusan membantu mereka untuk menyelesaikan program-program mereka selama di Indonesa dan bantu buat komunikasikan ke masyarakat sekitar. Ya modal english amburadul dan minim aku berani-bernaiin diri buat belajar lebih banyak.

Seru sih intinya. Dapet kenalan asal Indonesia dan kenalan asal negara lain. Jadi tahun ini giliran kampus UPN yang dijadikan basecamp anggota AIESEC. Tahun kemarin mereka basecamp di UGM kalau nggak salah. Di Project Travelling ini aku sama Valent bantuin mahasiswa asal Moroko, Mesir, China, India dan Belanda apa ya lupa. Yah intinya sih lebih ngebantuin nyelesaiin project mereka datang ke Indonesia. Mereka asik dan seru, mahasiswa UPN nya juga baik-baik dan nggak terus keminter english.



Tadi itu kita ada di Rumah Domes (Rumah Teletubbies) yang ada di deket Prambanan. Lebih banyak games sama kegiatan edukasi wisata buat anak-anak sekitar rumah domes tadi. Jadi hari ini itu termasuk penyelesaian beberapa project mereka, mengedukasi wawasan kebudayaan milik kita ke warga kita sendiri dengan english ke anak-anak lokal. Intinya cuma have fun bareng-bareng warga sekitar dan mahasiswa asing. 

Dari semuanya, aku sama Valent paling akrab sama Sara dari Mesir dan Abeer dari Moroco. Mereka super baik dan sabar banget sama kita yang agak bobol english nya dan untungnya mereka masih bisa ngerti meski apa yang kita obrolin dengan tambahan bahasa tubuh. Setiap ngobrol yang ada kita ketawa terus karena sama-sama bingung mau ngomong apa. Overall mereka semua baik-baik banget dan nggak pilih-pilih temen.






Seharian disini ngobrol ngalor ngidul dan asal foto-foto sama anggota AIESEC lainnya. Setiap anggota AIESEC ada buddy nya sendiri. Buddy itu sebutan untuk temen dari Indonesia untuk setiap anggota perwakilan negara tertentu yang tugasnya menemani kemana aja si anggota nya pengen. Keren sih, untuk buddy nya sendiri pasti orang-orang terpilih yang udah fasih banget english nya. Next kalau ada kesempatan siapa tau kan 😁